Tips Membeli Motor Bekas 4 tak

Okudmotor.com - Tips membeli motor bekas yang wajib anda ketahui sebelum membeli agar tidak menyesal di kemudian hari karena berbagai permasalahan, terutama pada bagian bagian penting yang membutuhkan biaya yang besar jika terjadi kerusakan, berikut ini saya akan berikan beberapa tips & poin poin penting yang wajib anda teliti dan ketahui
Tips Membeli Motor Bekas 4 tak

Mesin / Engine 4 tak

Pada bagian mesin / engine adalah hal yang sangat penting dan menjadi yang pertama di pertimbangkan saat akan membeli sepeda motor bekas, karena jika terjadi kerusakan pada bagian mesin membutuhkan biaya yang lumayan untuk memperbaiki nya, beberapa poin yang harus di perhatikan ialah

  • Lihat  knalpot motor mengeluarkan asap apa tidak, jika sudah mengeluarkan asap putih mengindikasikan bahwa pada bagian pembakaran telah rusak terutama pada bagian Piston ( seher+ring) dan silinder blok sudah aus. jika hanya mengeluarkan asap hitam masih bisa di toleransi karena kerusakan hanya pada karburator yang kurang tepat dalam penyetingan nya saja.
  • Dengarkan suara mesin motor saat di hidupkan, jika mesin sudah berbunyi kasar saat di hidupkan mengindikasikan bahwa telah terjadi kersakan dalam mesin seperti piston aus, klep, rantai keteng, laher (bearing) dll yang wajib anda pertimbangkan.
  • Kopling, jika untuk sepeda motor yang memiliki kopling manual perhatikan juga bagian ini karena jika tarikan nya lambat dan di saat pas ngoper (pindah gigi) tarikan nya lambat berarti kopling nya juga sudah aus harus di ganti dengan yang baru.
  • Lihat dengan teliti part part lain nya masih ori terutama pada bagian bagian yang terlihat seperti karburator, knalpot, dll
  • Yang paling penting lihat dan samakan no mesin yang terapat di STNK dengan yang terdapat pada bagian mesin, karena banyak juga no mesin dan no mesin yang ada di STNK tidak sama.

Bagian luar / Body

Pada bagian luar / body terdapat beberapa bagian yang penting dan harus anda perhatikan, teliti sebelum membeli, beberapa poin di antara nya
  • Lihat lah nomor  Rangka dan pastikan sama dengan yang terdapat di STNK
  • Pastikan motor yang akan anda beli tidak pernah tabrakan, karena jika pernah besar kemungkinan sasis tidak center sehingga motor tidak seimbang saat di kendarai.
Itulah bebrapa tips yang saya tahu dan dapat saya berikan, mohon maaf jika dalam kata kata atau dalam materi yang saya berikan tidak dapat di mengerti. mungkin nanti akan saya tambah beberapa tips lainya tentang tips membeli motor bekas 4 tak.

0 comments