Modifikasi Motor Honda Tiger [ meningkatkan performa mesin ]

Meningkatkan Performa Mesin Motor Honda Tiger / Modifikasi Motor Tiger

Tiger merupakan motor keluaran honda yang legendaris sampai saat ini di seluruh penjuru indonesia banyak yang menggunakan Tiger dan sekaligus menjadikan motor kesayangan nya, termasuk saya cinta pada motor ini :).

Bagi anda yang memiliki motor tiger atau yang pernah menggunakan motor tiger pasti anda merasakan performa dari mesin yang kurang jika di banding dengan motor lainya, masa motor yang mempunyai kapasitas 200 CC sering di buli sama motor yang CC nya lebih kecil di bawah tiger, bagi anda speedlovers ( doyan ngebut seperti saya :D ) ini menjadi masalah besar, nah bagai mana cara meningkatkan akselerasi dan topspeed motor tiger ini ? berikut ini saya akan jelaskan dan berbagi pengalaman saya.

  • Naikan Kompresi dengan cara ganti diameter piston yang lebih besar, gunakan piston Dome / jenong. Yang saya aplikasikan pada motor saya ialah dengan piston Tiger OS 150 ( diameter 65 mm).
    Pada langkah ini untuk meningkatkan akselerasi motor tiger / lebih galak.
  • Noken AS,  rubah lift dan durasi untuk meningkatkan akselerasi dan toop speed.
    pada bagian inilah kunci yang terpenting harus pas dalam modifikasi noken as, jika pas dapat meningkatkan tarikan atas bawah atau bisa juga beli noken as racing yang tinggal pasang.
  • Porting, proting meliputi IN dan EX. Biasa nya sih di perbesar namun tidak penting seberapa besar yang penting bebas hambtan ( free flow ) agar bahan bakar masuk lebih lancar dan cepat masuk kedalam mesin yang selanjutnya untuk di bakar oleh busi.
  • Karburator, Pastikan keadaan karburator anda dalam keadaan normal, untuk bagian ini bisa di modifikasi dengan cara di reamer atau ganti dengan karburator Racing seperti karburator Ninja, PE,PWK tapi ingat harus yang ori.
  • Knalpot, gunakanlah knalpot free flow atau knalpot racing biar lebih gahar dan mantap :D
    Blar Blaar Blaar :D
Mungkin itu yang telah saya aplikasikan pada motor saya cukup meningkatkan akselerasi dan toopspeed motor tiger saya. mungkin peningkatan sekitar 40 %

0 comments